Sel Matahari dari Plastik - Teknologi dan Sains Masa Kini | Teknosains.id

Sel Matahari dari Plastik

                Sel surya atau sel photovoltaic, adalah sebuah alat semikonduktor yang terdiri dari sebuah wilayah-besar diode p-n junction, di mana, dalam hadirnya cahaya matahari mampu menciptakan energi listrik yang berguna. Pengubahan ini disebut efek photovoltaic. Bidang riset berhubungan dengan sel surya dikenal sebagai photovoltaics.

               Sel surya memiliki banyak aplikasi. Mereka terutama cocok untuk digunakan bila tenaga listrik dari grid tidak tersedia, seperti di wilayah terpencil, satelit pengorbit bumikalkulator genggam, pompa air, dll. 

              Sel surya (dalam bentuk modul atau panel surya) dapat dipasang di atap gedung di mana mereka berhubungan dengan inverter ke grid listrik dalam sebuah pengaturan net metering.

              Banyak bahan semikonduktor yang dapat dipakai untuk membuat sel surya diantaranya Silikon, Titanium Oksida, Germanium, dll. (sumber : Wikipedia Bahasa Indonesia)

Sel matahari dari palstik
               Ilmuwan Universitas califronia Berkeley berhasil menciptakan sel matahari dari plastik yang diharapkan bisa menggantikan sel silikon yang mahal "temuan ini belum efisien, tapi memiliki potensi yang baik" kata Paul Alivisatos guru besar ilmu kimia yang memimpin tim itu, sel plastik lebih mudah dibuat. 

               Ia tak butuh ruang hampa, bebas debu,dan steril seperti hal nya silikon. Lapisan elektroda yang setipis rambut mampu menghasilkan energi listrik 0,7 volt. 

         Sel matahari baru itu juga dapat ditempelkan langsung ke permukaan plastik sehingga pemanfaatan nya lebih mudah. Misalnya, untuk radio atau prosesor komputer
Sel Matahari dari Plastik Sel Matahari dari Plastik Reviewed by mpryann on February 22, 2017 Rating: 5

No comments