Pesawat Tempur Tanpa Awak - Teknologi dan Sains Masa Kini | Teknosains.id

Pesawat Tempur Tanpa Awak

               Pernah nonton film Sky fighters atau Top Gun? film bertema perang dengan pesawat tempur canggih dan mampu meraih kagum para penontonnya, Atau pernah melihat pesawat tempur asli? pesawat yang digunakan untuk berperang dengan awak berisi satu orang. Pernahkah kamu mengira bahwa pesawat tempur canggih tanpa awak telah ada?

               Tingginya 2,1 meter, panjangnya 8,2 meter, dan beratnya 3.600 kilogram. Dia mampu mengusung persenjataan seberat 1.300 kilogram, atau dua kali lebih banyak ketimbang pesawat tempur biasa. 

              Tapi, pesawat eksperimental mutakhir buatan Boeing Amerika ini tidak mengangkut pilot. Sebagai gantinya, ada sebuah satelit yang bertindak sebagai pemandu itulah purwarupa pesawat tempur tanpa awak X45A, sosok pesawat yang dijuluki Unmanned Combat Air Vehicle (UCAV) ini sekilas mirip pengebom siluman F-III, tapi harganya jauh dibawahnya, sekitar US$ 131 juta.

             Biaya sebesar ini ditanggung bersama oleh lembaga-lembaga riset di lingkungan Departemen Pertahanan Amerika. termasuk Air Force and Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA). Boeing sendiri sebagai pembuat menyumbang US$ 21 juta.


              Sebelum terbang, teknisi darat akan memasok informasi digital berisi detail misi arah. Target serangan dan rute penerbangan ke dalam komputer pesawat. 

        Untuk
Pesawat tempur tanpa awak X45A
mengontrolnya, dipakai sistem pemandu penerbangan canggih, yakni satelit. Berkat cara ini, UCAV dapat menjalankan tugas-tugas tempur berbahaya dan berskala prioritas tinggi tanpa membawa jiwa pilot, prototipe UCAV dikirimkan ke pusat riset penerbangan NASA di Dryden, California.
Pesawat Tempur Tanpa Awak Pesawat Tempur Tanpa Awak Reviewed by mpryann on February 18, 2017 Rating: 5

No comments