Pengertian Harmoni dan Resonansi - Teknologi dan Sains Masa Kini | Teknosains.id

Pengertian Harmoni dan Resonansi

Ketika medium yang membawa gelombang tidak terbatas, medium sering menunjukkan sebuah frekuensi dasar. Frekuensi dasar adalah frekuensi terendah yang sebuah gelombang periodik bisa topang atau perpanjang, misalnya pada senar biola yang bervibrasi, Frekuensi gelombang sesuai dengan panjang gelombang yang merupakan dua kali panjang senar.

Apa itu harmoni?
Harmoni adalah gelombang yang frekuensinya merupakan multi lipat ganda dari frekuensi dasar dan menopang gelombang itu sendiri dengan cara sama seperti frekuensi fundamental. Karena sebuah frekuensi fundamental memiliki panjang gelombang yang sesuai dengan λ, maka harmoni pertama memiliki frekuensi 2f dengan panjang gelombang λ/2, dan harmoni kedua memiliki frekuensi 3f dengan panjang gelombang 3λ/2 dan seterusnya.

Sistem harmoni seperti ini bersifat umum, tetapi juga bersifat umum pada instrumen musik dimana instrumen menghasilkan tingkatakan frekuensi suara.

Apa itu Resonansi?
Resonansi adalah sebuah fenomena di dalamnya amplitudo gelombang dalam osilator menjadi lebih kuat ketika dipaksa untuk bervibrasi pada frekuensi atau harmoni dasarnya. Hal ini umum ditemui dalam musik, tetapi juga sering dijumpai dalam segala hal mulai dari struktur rekayasa sampai sirkuit listrik dan bahkan sampai pada partikel sub atom.
Pengertian Harmoni dan Resonansi Pengertian Harmoni dan Resonansi Reviewed by mpryann on July 12, 2017 Rating: 5

No comments