Pemadam Kebakaran Tahan Api - Teknologi dan Sains Masa Kini | Teknosains.id

Pemadam Kebakaran Tahan Api

                Kebakaran hutan juga merupakan bencana yang sulit dijinakkan. Selain karena sulitnya medan, para petugas hampir mustahil menembus kebakaran api dengan aman. Mobil pemadam kebakaran yang ada sekarang belum didesain untuk sanggup menerobos sampai ke titik pusat api lantaran tak sanggup menahan panasnya api.

             Belakangan, sebuah lembaga riset Australia, Common Wealth Scientific and Industrial Research Organization (CSIRO), mengembangkan wahana baru, yakni dapat melindungi petugas api di dalam hutan.

              Proyek tersebut dalam rangka mencari cara paling baik melindungi petugas kebakaran dan kendaraan mereka ketika memadamkan kebakaran hutan," kata pemimpin proyek CSIRO yang bekerja sama dengan Rural Fire Service New South Wales-Dr. Rajam Sankaran.

           Berbeda dengan kendaraan pemadam biasa, mobil ciptaan ilmuwan CSIRO memiliki penyemprot yang diletakkan di bagian atas mobil pemadam. Penyemprot tersebut dibuat sedemikian rupa sehingga mampu memancarkan air secara melingkar ke semua bagian kendaraan. Siraman air yang membasahi kendaraan secara terus-menerus akan melindungi permukaan dari panas yang menghalau di setiap kobaran api yang mendekat.

             Para ilmuwan CSIRO hingga sekarang masih menguji kendaraan eksperimental tersebut dalam sebuah terowongan api. Kelak, jika uji coba itu tuntas, mereka akan menularkan rahasia desainnya kepada yang membutuhkan.
Pemadam Kebakaran Tahan Api Pemadam Kebakaran Tahan Api Reviewed by mpryann on February 17, 2017 Rating: 5

No comments