Mesin Sederhana - Teknologi dan Sains Masa Kini | Teknosains.id

Mesin Sederhana

            Mesin adalah alat mekanik atau elektrik yang mengirim atau mengubah energi untuk melakukan atau membantu pekerjaan manusia. Biasanya mesin membutuhkan sebuah masukan sebagai pelatuk, lalu mengirim energi yang telah diubah menjadi sebuah keluaran, yang akan melakukan tugas seperti yang diinginkan. 

           Dalam istilah mekanis, mesin sederhana adalah sebuah alat yang menawarkan sejumlah 'keuntungan mekanis', biasanya ini berarti sebuah sistem yang menawarkan sebuah cara mengurangi gaya yang harus digunakan untuk memindahkan obyek tertentu. 

         Mesin sederhana mengambil keuntungan dari kenyataan bahwa pekerjaan yang dilakukan dalam memindahkan sebuah obyek dengan diberikan dengan mengalikan gaya dengan jarak yang ditempuh. Karena itu dimungkinkan untuk melakukan sejumlah pekerjaan yang sama, misalnya, dengan menggunakan separuh gaya pada jarak yang dua kali lebih jauh.
Alat pengungkit
merupakan contoh
kerja mesin sederhana

           Alat pengungkit menunjukkan cara kerja mesin sederhana dengan jelas. Ketika titik tumpu diletakkan di sepertiga papan pengungkit, maka titik dimana gaya digunakan adalah dua kali panjang dari titik tumpu saat obyek diangkat.

          Hal ini membuat separuh gaya yang digunakan pada jarak dua kali lebih panjang melakukan kerja yang sama. Mesin-mesin sederhana lainnya meliputi pengetam, baji, roda, dan poros, katrol dan obeng. Semua alat ini mengurangi gaya yang digunakan dalam melakukan suatu pekerjaan.

          Mesin telah mengmbangkan kemampuan manusia sejak sebelum adanya catatan tertulis. Perbedaan utama dari alat sederhana dan mekanisme atau pesawat sederhana adalah sumber tenaga dan mungkin pengoperasian yang bebas.

          Istilah mesin biasanya menunjuk ke bagian yang bekerja bersama untuk melakukan kerja. Biasanya alat-alat ini mengurangi intensitas gaya yang dilakukan, mengubah arah gaya, atau mengubah suatu bentuk gerak atau energi ke bentuk lainnya.
Mesin Sederhana Mesin Sederhana Reviewed by mpryann on February 11, 2017 Rating: 5

No comments